Cara Membuat File PDF (Portable Document Format)

April 20th, 2013 by No comments »

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format. File PDF berasal dari file dokumen office  yang kemudian dikonversi ke dalam format portable. Tujuan dari konversi ini sendiri adalah untuk menjadikan file dokumen menjadi lebih ringkas dan efisien untuk dibaca.

Ada beberapa cara untuk mengkonversi file office menjadi PDF. Cara yang pertama adalah dengan bantuan sebuah software tambahan, salah satunya adalah PDF Creator. Software ini berlisensi free alias gratis. Cara kerja PDF Creator ini cukup mudah, mekanismenya sama ketika kita melakukan proses pencetakan/print dokumen. Ubah pilihan printer option “Printer” menjadi PDF Creator, kemudian tekan Print.

pdf

Dan ikuti instruksi selanjutnya (Pemberian nama & tempat penyimpanan), kemudian save, Selesai.

Cara yang kedua, bisa diaplikasikan jika anda menggunakan Microsoft office 2007, anda hanya membutuhkan sebuah plug-in untuk Microsoft office 2007. Plug-in yang dibutuhkan adalah “save as pdf and xps”. Setelah anda mendapatkan plug-in tersebut, lakukan instalasi sampai selesai. Setelah itu, untuk mengkonversi file office menjadi PDF, anda hanya perlu melakukan “save as” dan kemudian pilih option “save as pdf  or xps”, kemudian save, selesai.

Cara yang ketiga, bisa diaplikasikan jika anda menggunakan Microsoft Office 2010. Ini adalah cara yang paling mudah, karena Microsoft Office 2010 telah menyediakan fitur pengkorvesian kedalam format PDF tanpa memerlukan software dan plug-in tambahan. Anda hanya perlu melakukan “save as”, dan pilih format pdf, save, selesai.

save

Semoga bermanfaat……

Untuk Software dan Plug-in tambahan, bisa di unduh disini :

PDF Creator

Plug-in “Save As PDF And XPS”

 

Sertifikasi Komputer

April 18th, 2013 by No comments »

Sertifikasi Komputer adalah sertifikasi yang diadakan pada setiap tahun ajaran baru oleh Puskomnet Unipdu. Sertifikasi Komputer ini diwajibkan untuk semua mahasiswa baru, kecuali mahasiswa dari fakultas teknik. Ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada mahasiswa yang mungkin saja belum mengenal paket program microsoft office atau bahkan belum mengenal komputer. Maka dengan adanya sertifikasi komputer ini diharapkan semua mahasiswa bisa mengoperasikan komputer dan paket program microsoft office, yang nantinya akan bermanfaat dalam pembuatan tugas, presentasi, laporan, makalah, tugas akhir , maupun skripsi. Agar lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan pada sertifikasi komputer, mahasiswa bisa mengunduh buku panduannya  disini :

Modul Microsoft Office Word 2007

Modul Microsoft Office Excel 2007

Konfigurasi Dasar Mikrotik

April 17th, 2013 by No comments »

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi yang sering diaplikasikan untuk router. Router sendiri merupakan perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara konfigurasi dasar mikrotik menggunakan RB751. Tanpa basa-basi, bisa langsung di download disini  – Konfigurasi Dasar Mikrotik

mikrotik™